Pengaruh Perkembangan Informasi Terhadap Remaja Masa kini

Pengaruh perkembangan informasi terhadap diri remaja masa kini

DAMPAK BURUK HANDPHONE Dampak buruk handphone sangat berpengaruh terhadap kalangan remaja, Handphon dapat merusak moral remaja, sekarang ini banyak remaja yang menyalahgunakan manfaat HP.Banyak remaja yang menyimpan gambar-gambar porno dan video porno di HP tersebut. Dengan adanya gambar dan video porno maka remaja akan ingin tahu lebih dalam tentang hal itu dan menyalahgunakan ke hal-hal yang negatif. Banyak orang tua yang tak sadar tentang tindakan tersebut dan menganggap sepele tentang dampak-dampak buruk yang dihasilkan oleh HP.

Makalah Lengkap Dodisiniwnload disini.

Pengertian yang lebih luas ini juga disampaikan oleh Clara Aretia Lintang Sari (12/11/200 bahwa pengaruh handphon juga sangat mempengaruhi kuwalitas belajar. 2.2 STANDART HANDPHON Standart penggunaan handphon adalah ukuran yang telah ditentukan sebagai suatu pembakuan penggunaan handphon yang baik. Dalam standart penggunaan ini juga terdapat baku penggunaan. Dalam penggunaan HP yang baik yaitu menggunakan HP dengan wawasan orang tua dan hanya menggunakan seperlunya saja. Adapun pengertian mutu menurut catur Wulandari (13/11/200 bahwa mutu dari handphone itu sendiri yaitu handphone sebenarnya memberi manfaat yang sangit baik sebagai alat komunikasi, namun handphon sekarang banyak yang di salahgunakan oleh kalangan remaja yang tidak bertanggung jawab. METODE PENELITIAN Sasaran peneliti ini adalah siswa-siswi SMP Negri 2 Kota Mojokerto,pada tahun 2008 utamanya kelas 9a yang siwa-siswinya berjumlah 40 siswa dan sebagai sampel sebanyak 10 siswa-siswi. Keberadaan SMP Negri 2 Kota Mojokerto terletak di Jalan Jend. Ach. Yani nomor 15 telephon (0321) 322746 Mojokerto 61311. Tahap-tahap yang dikembangkan dalam penelitian, sebagai berikut : Refleksi Awal Penelitian ini berupa diskripsi situasi, bahan berasal dari data-data. Dari diskripsi situasi ini berbagai masalah dalam “Pengaruh Handphone terhadap pergaulan Remaja” khususnya pelayan prima kepada kalangan remaja menuju penggunaan handphone yang lebih bermanfaat dalam tahap-tahap untuk menjauhkan diri daru sikap negatif handphone. Perencanaan Tindakan Tindakan direncanakan dengan cara a)obserfasi b) penelitian a. Perencaan obserfasi, yaitu 1) Memberikan pengarahan pada remaja untuk menggunakan fasilitas handphone secara baik dan berkualitas 2)Memantau terus perkembangan remaja terhadap kebiasaannya dengan handphone 3) memberikan penilaian yang sesuai daengan tingkah lakunya dengan handphone. b. Pelaksanaan Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di kelas 9a SMP Negeri Kota Mojokerto. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2008. Langkah-langkah penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) meminta persetujuan orang tua 2) meminta persetujuan Kepala Sekolah SMP N 2 Mojokerto 3) melakukan obsefasi awal dan wawancara mengenai dampak handphone terhadap siswa 4) mengidrntifikasi masalah 5) menganalisis masalah dan menentukan faktor penyebabnya 6) menentukan waktu pelaksanaan tindakan 7) perencanaan tata urutan tindakan. Pelaksanaan Dalam pengumpulan data-data yang diperlukan peneliti melakukan langkah-langkah; sebagai berikut: 1) melaksanakan obsefasi 2) memantau dan meneliti kegiatan siswa terhadap handphone 3) melakukan pengumpulan data dengan cara membagi angket kepada para siswa 4) mengefaluasi hasil pemantauan dari hasil pengisian angket dan wawancara 5) merefleksikan hasil pemantauan dan hasil tes. Apabila dalam pengelolaan data hasil penelitian dari 70% seluruh siswa dikenai tindakan memperoleh sekor 70 maka siswa dapat memberikan dampak negatif handphone menjadi dampak yang positif terhadap siswa. Evaluasi/Revleksi Evaluasi/revleksi terhadap pelaksanaan melibatkan para siswa kelas IXa SMP N 2 Mojokerto, dengan cara membagikan angket kepada para siswa dan wawancara untuk diskripsi dan bahan perencanaan berikutnya. Penilakan Penilaian dilaksanakan menggunakan penelitian. Kriteria keberhasilan dari siswa adalah 70%. Pada akhir penelitian diharapkan para siswa dapat memanfaatkan handphone dengan baik dan dalam kegatan yang positif.Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif.

Siswa diharapkan mendapat hasil yang lebih optimal yaitu dengan sekor 70.hasilnya dideskripsiksn sebagai berikut: 80-100 = sangat baik 70-89 = baik 69-50 = cukup 49-40 = kurang KESIMPULAN DAN SARAN KESIMPULAN Berdasarkan penelitian ini diharapkan para siswa dapat mengurangi kehidupannya dengan handphone, dan agar para siswa dapat meningkatkan kualitas belajarnya dengan baik. SARAN Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar siswa lebih mengurangi pergaulannya dengan handphone, karna handphone memberikan dampak kurang baik dan menurunkan kualitas belajar.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s